Usulan Program Peningkatan Diploma Tiga menjadi Sarjana Terapan Program Studi Perbankan dan Keuangan Universitas Siliwangi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mendorong Program Studi (prodi) DIII meningkat menjadi DIV. Prodi D4 atau sarjana terapan ini diperlukan untuk menghasilkan kebutuhan lulusan yang aplikatif seperti supervisor lapangan.  Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto mengatakan, lulusan perguruan tinggi itu harus sesuai dengan kebutuhan riil di dunia kerja dan dunia industri. Bukan hanya lulusan yang sekedar memegang ijazah, katanya, namun yang sesuai dengan kebutuhan yang ada di tengah masyarakat.

Ketua Program Studi DIII Perbankan dan Keuangan Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi Tasikmalaya Hj. Noneng Mashitoh,.Ir.M.M mengatakan bahwa seluruh dosen prodi harus dapat memanfaatkan pendorongan program studi D3 menjadi D4 sarjana terapan. Sumber daya manusia yang memiliki kemampuan serta kompeten akan semakin banyak diperlukan oleh dunia perinsudtrian baik dunia usaha atau dunia industri (DUDI) pada masa-masa sekarang hingga mendatang kedepannya. Oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Prodi DIII Perbankan dan Keuangan FE UNSIL menanggapi arahan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud yang terus berupaya melakukan berbagai macam terobosan baru melalui berbagai program dan kebijakan, utamanya bagi satuan pendidikan vokasi di Tanah Air. Tutur Hj Noneng Mashitoh,.Ir.M.M (selaku kaprodi)

Upload Dokumen Usulan Program Peningkatan Diploma Tiga menjadi Sarjana Terapan Program Studi Perbankan dan Keuangan Universitas Siliwangi Tasikmalaya, dihadhiri oleh beberapa pejabat fakultas dan pihak terkait :

  1. Dekan Fakultas Ekonomi; Prof. Dr. Dedi Kusmayadi, S.E., M.Si.
  2. Wakil Dekan I; Dr. Apip Supriadi, S.E., M.Si.
  3. Wakil Dekan III; Dr. Hj. Iis Surgawati, Dra., M.Si.
  4. Sekretaris Senat; Yuyun Yuniasih.,S.E., M.Si.
  5. Ketua Prodi DIII; Ir Hj. Noneng Mashitoh., M.M.
  6. Ketua Lab Prodi DIII; Dedeh Sri Sudaryanti, S.E., M.Si.
  7. Dosen Prodi DIII;Wilman San Marino, S.E., M.M.
  8. Dosen Prodi DIII; Cindera Syaiful Nugraha, M.M.
  9. Kassubag Akademik; Atang Nurjaman, S.Sos.
  10. Operator PDDIKTI; Sarip Mauludin.

“Kita mendesain kebersamaan, yaitu kampus vokasi dan industri masak bersama, jadi bikin D4 itu nanti bersama dengan industri. Mengembangkan D4 tidak dari 0, yaitu dengan cara mengevaluasi dan meng-upgrade D3 menjadi D4, jadi effort tidak seberat membuat prodi baru, tetapi lakukan bersama dengan industri,” terang Dirjen Vokasi Wikan Sakarinto dalam webinar Peningkatan Program D3 Menjadi Sarjana Terapan, Selasa (16/2/2020).

Leave a Reply

Your email address will not be published.